Quantum Computing Books For Babies. Ichi Kara Ganbarimashou!

Spread the love

Ichi Kara Ganbarimashou!  いち から がんばりましょう!  Artinya adalah “Ayo lakukan yang terbaik dari awal (from scratch)!”.

Rekomendasi buku untuk teman-teman yang pengen memulai belajar Quantum Computing dari nol besar, seperti saya ini.

Sang penulis buku, Chris Ferrie, membuat beberapa judul buku dari seri “For Babies” yang bermaksud menjelaskan konsep sederhana dari berbagai state-of-the-art dari bidang ilmu matematika fisika dan komputing, termasuk buku tentang Quantum Computing.

Alhamdulillah buku pesanan dari Amazon sudah datang, yang saya beli =

  • Quantum Physics for Babies
  • Quantum Entanglement for Babies
  • Quantum Information for Babies
  • Quantum Computing for Babies

Isinya sangat mencerahkan buat saya, yang awam tentang dunia quantum.

Mulai dari menjelaskan atom terdiri dari nukleus, proton, elektron. Dan elektron bisa menyimpan informasi untuk menyimpan qubit/quantum bit untuk sistem komputer masa depan.

Hebatnya lagi ternyata nggak seperti sistem komputer klasik yang cuma bisa biner 0 ATAU 1, komputer quantum bisa 0 DAN 1 bersamaan dalam satu waktu sehingga mumpuni untuk pemrosesan komputasi paralel (berarti lebih kencang bro, ngebuut!).  Konsep ini disebut Superposisi / Superposition.

https://en.wikipedia.org/wiki/Quantum_superposition

Ada juga penjelasan bahwa walaupun partikel elektron berada di lokasi yang jauh terpisah, ternyata ada yang punya hubungan khusus spesial “senasib”. Ketika elektron A diukur ternyata hasilnya 1, pasti elektron B juga hasilnya 1 (kok bisa ya, padahal berjauhan lho!). Konsep aneh ini namanya Entanglement / Keterkaitan kuantum.

https://id.wikipedia.org/wiki/Keterkaitan_kuantum

Dan hal terakhir yang membuat saya semakin yakin buat belajar quantum komputing adalah adanya penjelasan ngapain repot2 teknologi ini dikembangkan? jawabannya adalah teknologi quantum komputer akan membuat solusi untuk berbagai permasalahan komputasi yang saat ini tidak mungkin/impossible untuk dilakukan.  Bayangkan, teleportation ala startrek mungkin akan bisa diwujudkan ketika teknologi dan riset quantum komputing sudah matang. wkwkwkkwwk

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.